OMC (operation n' maintenance centre)

Mungkin banyak yang tidak begitu mengetahui tentang OMC, tetapi orang yang bergerak di dunia GSM PLMN (Public Land Mobile Network) tentu sudah tidak asing lagi dengan divisi yang bernama OMC (Operation and Maintenance Centre), maklum divisi ini salah satu bagian yang kurang begitu expose dan terkadang dianggap sebagai "makhluk halus" antara ada dan tiada ^_^. Meskipun demikian posisi OMC memiliki peranan penting -baca: backbone- dalam menjaga availability dan performansi kondisi network.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas dan fungsi OMC, yap!! betul sekali...... sebagai pusat pengoperasian dan pemeliharaan GSM network. Mungkin lebih mudah dipahami dengan melihat network stucture berikut :


Karena secara garis besar GSM network terbagai menjadi dua sistem yaitu BSS (Base Station Subsystem) dan SSS (Switching Subsystem) maka untuk operation and maintenance terbagi dua sistem yaitu OMC-BSS yang biasa disingkat dengan sebutan OMCB (its me ^_^) dan OMC-SSS disebut OMCS. OMCB bertanggung jawab untuk management network dari BTS->BSC->TRAU sedangkan OMCS bertanggung jawab terhadap management network MSC->VLR, HLR,AC,EIR->ISDN,PSTN,Other Network.

Tugas OMCB sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori :
1. Security Management
2. Configuration Management
3. Performance Measurement Management
4. Software Management
5. Fault and Test Management

Security Management
ad/ semua yang berkaitan dengan melakukan fungsi authorized dan unauthorized untuk melakukan access ke network, include melakukan pengawasan terhadap koneksi-koneksi lokal -baca: LMT (Local Maintenance Terminal)- yang sedang melakukan access ke network. (Kalau lagi datang nakal2nya yach sekali-kali ngeblock koneksi lokal he....he...he...^_^, tapi sebenarnya bukan karena nakal sich tapi coz lagi butuh juga dedicated line yang mengarah ke element network tersebut maka biasanya yang bersifat lokal dikesampingkan dulu)

Configuration Management
ad/ berhubungan dengan melakukan perubahan stucture pada PLMN dan perubahan parameter yang relevant untuk mensupport comunications pada radio cells. Ex: menambahkan new site pada sistem (eits... ini maksudnya bukan membangun tower, antenn, perangkat RBS dan semua yang bersifat physical tapi penambahan pada sisi database, mmmm...... tapi siapa tau future technology bisa membangun site dengan sistem remote hics....^_^, seperti iklan salah satu provider cellullar itu, digambarkan seperti ada tangan besar yang menancapkan tower di sana sini dengan sangat mudahnya), penambahan dan pengurangan TRX (Transceiver and Receiver), perubahan frequency, pengaturan handover, setting channel etc.

Performance Measurement Management
ad/ berkaitan dengan identifikasi failures dan quality pada service network yang tidak terdeteksi pada fault management.

Software Management
ad/ mengadministrasikan software pada BSS, terdiri dari
- mengaktifasi BSS software
- upload data dari BSS
- melakukan migrasi database BSS
- export data maupun backup data

Fault and Test Management
ad/ melakukan deteksi dan repair kesalahan (faults) pada network mobile PLMN. Item ini merupakan item yang menjadi perhatian utama bagi departemen OMC dan teman-teman monitoring khususnya, and for that i want to say thanks a lot karena dedikasi dan kerja keras teman2 pada fault and test management sehingga kondisi network kita berada pada kondisi good performance dan sedikit lagi menuju pada kondisi excelent performance.
Fault handling sendiri dapat dibagi menjadi 4 kategori yaitu : mendeteksi alarm/fault network (detection), melakukan perbaikan level-level tertentu (recovery), menyimpan/ record alarm semua yang terjadi pada network (logging), dan mendistribusikan/melaporkan status alarm (reporting).



3 komentar:

fawaik said...

mas..
saya mhs yg sdang ngrjain tugas akhir..salah satu topiknya berhubungan dengan OMC..
ko boleh saya mau berkonsultasi,saya mohon bantuannya..
sebelumnya saya sudah drive test untuk optimasi jaringan,nah slain itu saya juga ingin menganalisa parameter2 yang ad di OMC untuk proses optimasi..saya belum tahu banyak tentang OMC..yang ingin saya tanyakan kira2 parameter2 apa yg bisa saya analisa dan bagaimana cara mendapatkan datanya?
trimakasih mas,,saya mohon bimbingannya

Muhammad Ageng Anom said...

mohon maaf, commentnya baru saya liat coz tidak saya set untuk forward ke email terus tidak ada modul untuk new comment jadi ndak ketahuan dach kalau ada comment baru palagi kalau posting yang dach lama, he.... maaf
boleh tau emailnya mas? insya Allah ta' kirim via email

cundink said...

hidup OMC
merdeka

Post a Comment